Al Quran Hafalan Mudah

13 Tips Menghafal Alquran dengan Mudah Untuk Orang Tua dan Muda
June 12, 2019
JANGAN BERHARAP PADA MANUSIA, BERHARAP PADA ALLAH SAJA
June 21, 2019
Show all

Al Quran Hafalan Mudah Muslimah telah banyak dibaca dan dipraktikkan oleh para penghafal quran yang memiliki semangat dalam mempelajari Alquran.

Alhamdulillah banyak yang memberikan testimoni tentang terbantunya menghafal karena perantaraan mushaf al quran ini yang memudahkan para pembacanya.

Alquran hafalan, al quran hafalan mudah, al quran alhufaz

Kelebihan Alquran Hafalan Mudah Muslimah:

Al Quran Hafalan dari Penerbit Jabal

Menghafal Quran Cepat, Mudah dan Menyenangkan.

Dengan Metode Lebih Baru, Lebih Sesuai Dengan Otak Manusia Dibandingkan Dengan Metode Lama

Satu Halaman dibagi 5 bagian, 5 x dibaca, 5 x dihafal, 5 x diulang dalam 5 waktu

10 Keistimewaan:
1. Satu halaman dibagi menjadi 5 bagian. Setiap bagian dibaca, dihafal dan diulang sebanyak 5x.

2. Kandungan surah di setiap dua halaman.

3. Kotak bantu setelah mengulangi hafalan disetiap halaman (dicentang).

4. Awal ayat untuk memudahkan hafalan.

5. Panduan ilmu tajwid.

6. Dilengkapi dengan 5 hal yang dilakukan sebelum, saat dan sesudah menghafal Al Quran.

7. Ukuran A5 (sedang).

8. Jenis kertas lux (Quran Paper Premium).

9. Hard Cover.

10. Khat Utsmani.

 

Harga Alquran Hafalan Muslimah: Rp. 75.000

13 Tips Menghafal Alquran

Berikut ini 13 tips cara menghafal Alquran 30 juz supaya mudah khususnya bagi pemula baik tua atau muda.

  1. Luruskan niat hanya untuk Allah

Niatkan yang lurus hanya untuk mendapat ridha Allah. Jika niatnya karena ingin dipuji manusia atau supaya ujub (bangga pada diri sendiri), atau ingin dipanggil ‘al-hafidz’ maka bisa sangat fatal. Bila niatnya benar ikhlas karena Allah maka rasa seperti lelah dan malas tak akan jadi penghalang.

  1. Tanamkan optimisme

Tanamkanlah mindset positif thinking. Pikirkan bahwa hati menjadi bahagia dan tenang karena menghafal Alquran.

Tanamkan juga bahwasanya menghafal Alquran itu mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Selalu motivasi diri supaya yakin kita bisa menghafal Alquran.

  1. Seringlah berinteraksi dengan Alquran

Akrabkan diri dulu dengan Alquran. Misalkan dengan membiasakan membaca alquran 1-3 juz perhari. Dengan begitu otak kita terbiasa melihat huruf-huruf alquran. Pikirkan juga cara mengatur waktu yang pas ketika membaca quran.

  1. Berdoa pada Allah saat shalat wajib dan sunnah

Tips cara menghafal Alquran dengan mudah selanjutnya yaitu meminta kepada Allah langsung. Kita bisa berdoa baik ketika sujud atau setelah selesai melaksanakan sholat.

Mohon kepada Allah agar tubuh dan otak ini konsisten dalam menghafal Alquran. Karena pemilik kalam adalah Allah, maka kepada-Nya kita memohon supaya diberi kemudahan.

Dengan membaca doa ini mudah-mudahan membantu dalam menghafal Alquran 30 juz.

” Fafahhamnaahaa sulaimaana wa kullan atainaa hukman wa ‘ilman wa sakh kharnaa ma’a dawuudal jibaala yusabbihna wath thaira wa kunnaa faa’iliin. yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rabba musaa wa haaruuna wa rabba ibraahima wa yaa rabba muhammaadin shallallahu alaihi wa sallama wa ‘alaihim ajma’iina. Urzuqnil fahma warzuqnil ‘ilma walhikmata wal ‘aqla birahmatika yaa arhamarraahimiina.”

Artinya:

” Maka Kami telah memberikan ilmu hikmah pada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan pada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harun, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

  1. Perbaiki bacaan Alquran

Sebelum menghafal Alquran, sebaiknya kita belajar memperbaiki bacaan, caranya dengan berguru pada ustadz yang ahli dalam ilmu tahsin dan tajwid. Hal ini supaya terhindar dari salah baca dan membuat kekeliruan.

Menghafal Alquran akan memberi pahala yang banyak, tapi jika bacanya keliru, bisa saja membuat keutamaannya berkurang.

  1. Menghafal Alquran per-halaman

Setelah semua persiapan sudah dilakukan secara konsisten. Maka kita mulai dengan terlebih dahulu membaca satu halaman sebanyak 3-10 kali secara tartil.

Kalau sudah lancar, hafalkan halaman tersebut. Setelah hafal satu halaman, kita pindah ke halaman berikutnya. Metode ini kami rekomendasikan menggunakan Alquran hafalan Muslimah.

  1. Menghafal alquran ayat per-ayat

Baca satu ayat 3-10 kali secara tartil. Bila sudah lancar, baru hafalkan ayat tersebut.

Setelah hafal ayat pertama maka pindah ke ayat selanjutnya, begitu seterusnya sampai hafal satu halaman.

Nah, sebelum terburu-buru pindah ke halaman berikutnya, sebaiknya ulangi menghafal halaman-halaman sebelumnya agar tidak lupa.

  1. Gunakan mushaf alquran hafalan terus menerus

Alquran hafalan, menghafal alquran

Pastikan menghafal quran dengan mushaf yang sama terus menerus sampai lecek. Otak kita akan merekam gambar ke dalam memori. Sehingga bila terbiasa menggunakan mushaf hafalan maka akan memengaruhi struktur di memori otak.

  1. Baca berulang-ulang (Murojaah)

Ulangi membaca ayat-ayat yang sudah dihafal. Pengulangan akan ingat ayat yang dibaca. Jangan sampai karena sudah merasa sudah hafal kemudian tidak dibaca dalam waktu yang lama. Hal tersebut bisa menghilangkan hafalan alquran.

  1. Pasang Deadline

Kadangkala saat menghafal Alquran, aka nada penurunan motivasi (willpower). Hal ini bisa mempengaruhi kita, hafalan susah masuk atau hafalan jadi lupa lagi. Kalau sudah begitu, biasanya semangat jadi kendor.

Nah, mengsiasatinya dengan menggunakan target/deadline dalam menghafal quran. Tentukan target jangka pendek menengah dan Panjang. Target mingguan, bulanan dan tahunan. Misalkan: bulan ini ingin hafal juz 29 atau juz 30. Dengan begitu kita akan semangat menjalaninya.

  1. Memperdengarkan Talaran

Cari guru yang ahli dalam ilmu tahsin dan tajwid. Kemudian perdengarkanlah ayat-ayat yang hafal pada guru tersebut. Hal ini dilakukan supaya beliau bisa mengoreksi bila ternyata bacaan kita banyak yang salah.

  1. Banyak Mendengar Murotal Quran

Mendengarkan murotal sangat membantu menghafal Alquran. Kami sarankan lebih baik mendengar murotal yang iramanya lambat tapi indah, seperti bacaan Imam Musyari Al-afasy.

  1. Waktu Khusus Menghafal

Sediakan satu waktu khusus dalam satu hari untuk menghafal Alquran. Imam Al Khatib Al Baghdadi menganjurkan waktu-waktu terbaik dalam menghafal Alquran. Yaitu:

  • Waktu pertama saat sepertiga malam terakhir. Waktu ini biasa digunakan untuk sholat tahajud atau waktu sahur tatkala bulan Ramadan.
  • Waktu kedua pada pertengahan siang hari. Waktu ini biasa digunakan untuk bekerja, namun baik juga digunakan untuk menghafal.
  • Waktu ketiga pagi hari. Banyak yang menganjurkan menghafal saat pagi karena pikiran kita sedang fresh, belum banyak digunakan.

Penutup

Praktikan tips-tips yang diterangkan di atas secara istiqomah. Insha Allah bisa menghafal Alquran 30 juz dengan mudah dan cepat.  Aaamiiin