Kandungan Al-Qur’An Surat An-Najm Ayat 39-42 Perihal Ikhtiar Atau Berusaha

Kandungan Al-Qur’An Surat Ali Imran Ayat 159 Wacana Tawakal Atau Berserah Diri
January 8, 2019
Kandungan Al-Qur’An Surat Az-Zumar Ayat 53 Perihal Optimis Dan Larangan Putus Asa
January 8, 2019

Ikhtiar ialah berusaha bersungguh – sungguh untuk mencapai harapan, keinginan, atau cita-cita. Ketika seseorang menginginkan sesuatu maka ia harus mau berusaha atau berupaya untuk meraihnya.

Al-Qur’an Surat An-Najm Ayat 39-42.

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ . وَأَنَّ سَعْيَهُۥ سَوْفَ يُرَىٰ . ثُمَّ يُجْزَىٰهُ ٱلْجَزَآءَ ٱلْأَوْفَىٰ . وَأَنَّ إِلَىٰ رَبِّكَ ٱلْمُنتَهَىٰ

“Dan bahwa insan hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya (39). Dan sebenarnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya) (40). Kemudian akan diberi jawaban kepadanya dengan jawaban yang paling sempurna(41). Dan sebenarnya kepada Tuhanmulah akhirnya (segala sesuatu) (42).” (QS. An-Najm : 39-42)

Kandungan Al-Qur’an Surat An-Najm Ayat 39-42.
Melalui ayat ini Allah Swt. berjanji akan memberi jawaban tepat kepada orang yang mau berusaha keras. Setiap perjuangan atau ikhtiar untuk memenuhi kebutuhan hidup hendaknya diawali dengan niat sebab Allah Swt. semata. Seorang pedagang menjajakan dagangannya di pasar dengan penuh harap akan mendapat rezeki banyak. Petani mencangkul di sawah berharap hasil panennya melimpah. Tukang becak mengayuh becaknya sekuat tenaga untuk mengantarkan penumpang menuju tujuan. Karyawan bekerja di kantor semoga pekerjaannya segera selesai.

Pedagang, petani, tukang becak, karyawan atau profesi lainnya, bekerja sesuai keahliannya masing-masing. Mereka bekerja keras mencari nafkah, tanpa mau berpangku tangan. Mereka enggan dikasihani, dan tidak mau menjadi beban orang lain. Sungguh mereka ialah orang-orang mulia dikarenakan telah bekerja keras menafkahi keluarga dengan cara halal.

Allah Swt. akan mengaruniakan pahala berlipat ganda kepada mereka. Pahala tersebut akan menjadi bekal meraih kebahagiaan di akhirat. Dan amal saleh yang telah mereka lakukan akan dibalas dengan surga. Surga merupakan jawaban tepat dari Allah Swt. bagi hamba-hamba-Nya yang saleh.

Untuk meraih nirwana seorang hamba perlu ikhtiar sekuat tenaga. Di antaranya melakukan perintah Allah Swt. dan menjauhi laranganNya. Shalat, zakat, puasa dan ibadah lainnya juga merupakan sarana meraih surga. Ibadah-ibadah tersebut harus dikerjakan dengan penuh nrimo dan sungguh-sungguh. Bagi hamba yang beribadah sekedarnya saja, maka beliau akan dibalas oleh Allah Swt. sesuai usahanya itu.

Demikian pula dalam urusan duniawi, setiap insan akan mendapat sesuai hasil usahanya. Manusia harus bekerja keras semoga hidup berkecukupan. bila ingin meraih juara maka ia harus rajin belajar, berlatih, dan berdoa. Jika ingin menang dalam pertandingan olah raga, maka ia harus latihan keras dan disiplin.

Demikian pula, bila ingin meraih impian maka harus berikhtiar sekuat tenaga dan berdoa kepada Allah Swt. Segala perjuangan kalian dalam meraih impian akan bernilai ibadah bila niatnya lurus sebab Allah Swt. Dengan ikhtiar sekuat tenaga dan niat yang benar, serta berdoa kepada Allah Swt. maka kesuksesan hidup akan gampang dicapai.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal kandungan Al-Qur’an surat An-Najm Ayat 39-42 Tentang Ikhtiar atau Bekerja Keras. Semoga kita di jauhkan dari sifat-sifat pemalas. Aamiin. Sumber Buku Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015. Kunjungilah selalu percetakanalquran.com semoga bermanfaat. Aamiin.